MAN 1 GRESIK BERIKAN REWARD KEPADA 60 SISWA BERPRESTASI SELAMA SEBULAN TERAKHIR

Mengawali pekan ketiga di Bulan Januari 2024, MAN 1 Gresik selenggarakan upacara bendera rutin. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 22 Januari 2024. Sebagai petugas upacara pada upacara tersebut yakni siswa kelas XII MIPA 5.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB. Selepas mengikuti kegiatan pembiasaan salat dluha, siswa MAN 1 Gresik langsung berbaris rapi di halaman madrasah. Mereka mengenakan seragam putih abu-abu dengan atribut lengkap. Bertugas sebagai pembina upacara yakni Bapak Solih, M.Ag.

Dalam sambutannya di hadapan lebih dari seribu siswa MAN 1 Gresik, beliau menuturkan bahwa penting bagi siswa MAN 1 Gresik untuk terus meningkatkan kedisiplinan. Selain kedisiplinan dalam belajar, peserta didik MAN 1 Gresik harus mencerminkan bahwa kita adalah warga kementerian agama, maka perlu meningkatkan dan memerhatikan kegiatan-kegiatan ubudiyah.

Ubudiyah adalah bentuk ketaatan yang dilakukan oleh manusia kepada Allah SWT. Dalam Islam, ubudiyah merupakan konsep yang mencakup pengabdian dan ketaatan penuh terhadap perintah dan larangan-Nya. Ubudiyah melibatkan sikap tunduk dan patuh tanpa ragu atau penolakan terhadap kehendak Allah SWT.

Beliau juga menyampaikan bahwa sebentar lagi siswa kelas XII akan memulai berjuang menumbus PTN. Maka dari itu, beliau mengajak seluruh peserta upacara pada pagi ini, semoga siswa kelas XII yang akan berjuang menembus PTN dapat meraih apa yang diimpikan. Begitu pula siswa kelas X yang juga akan menghadapi ujian PTS di bulan depan, dapat mendapatkan nilai yang baik.

Kegiatan upacara berakhir pada pukul 07.40 WIB. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa oleh petugas upacara dan dilanjutkan dengan pemberian reward kepada siswa beprestasi. siswa yang beprestasi selama bulan Desember dipanggil maju ke depan untuk menerima hadiah langsung dari kepala madrasah.

Total pada bulan Desember, siswa MAN 1 Gresik menorehkan 168 prestasi. Meskipun total prestasi yang diraih oleh siswa MAN 1 Gresik menyentuh angka 168, namun tidak semua medapatkan reward. Hanya yang memenuhi kriteria-kriteria khusus yang telah ditentukan oleh pihak madrasah saja yang berhak mendapatkan reward. Total sejumlah 60 siswa baik individu maupun tim yang medapatkan reward dari pihak madrasah.

60 siswa yang berprestasi tersebut pun berhak mendapatkan uang pembinaan khusus dari madrasah. Nominal uang pembinaan pun bervariasi bergantung tingkat lomba yang diikuti. Untuk nominal yang tertinggi dari oleh Arinal siswa kelas XII MIPA 2 yang meraih juara 1 Triatlon tingkat Internasional di Kalimantan Selantan. Selain itu ada prestasi yang diraih oleh Tim KIR, Tim UKS, Tim Teater dan perolehan prestasi individu pada lomba olimpiade sains nasional

Menurut Drs. Khusnan selaku ketua Timpres MAN 1 Gresik. Reward pada siswa yang berprestasi diberikan setiap sebulan sekali. Pemberian reward dilaksanakan pada upacara bendera yang dilaksanakan setiap pertengahan bulan. Setiap siswa yang berprestasi harus menunjukkan bukti sertifikat juara kepada Timpres melalui link yang dibagikan melalui wali kelas masing-masing. Reward tersebut diberikan kepada siswa yang berhasil mengharumkan nama madrasah dengan tujuan agar siswa MAN 1 Gresik terus berprestasi baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional, maupun tingkat internasional. Pemberian reward tersebut pun terbukti efektif. Hal itu dapat dilihat berdasarkan data perolehan prestasi siswa MAN 1 Gresik setiap bulan terus meningkat.

Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. juga mengucapkan selamat kepada seluruh siswa MAN 1 Gresik yang berhasil meraih prestasi dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Total ada 168 prestasi yang diraih oleh siswa MAN 1 Gresik. Beliau berharap tren peningkatan prestasi yang diraih oleh siswa terus meningkat setiap bulannya. Menurutnya raihan prestasi itu bukan sekadar untuk menunjukkan jiwa kompetitif, tapi juga untuk tolok ukur keberhasilan pembelajaran di dalam kelas.

Leave a Comment